10 Juni 2011

Perawatan Kulit:: Asupan Nutrisi yang Bergizi bagi Kulit

Kecantikan menurpakan anugrah dari Sang Pencipta. Karena itu, kita harus menjaga dan merawat tubuh terutama kulit wajah agar tetap tampil segar dan cantik. Kulit wajah yang dirawat secara benar akan memancarkan aura kecantikannya. Sebaiknya, jika kurang dirawat, kulit wajah akan tampak kusam, kotor, dan tidak bercahaya sehingga aura kecantikanya akan hilang. Untuk mendapatkan kulit yang sehat, faktor nutrisi harus menjadi perhatian utama. Asupan gizi yang kita konsumsi harus diperhatikan agar ksehatan kulit tetap terjaga. Selain itu, tetap melakukan olahraga secara rutin dan teratur. Beberapa zat gizi yang sangat penting bagi kesehatan kulit, yakni sebagai berikut:

a. Vitamin A
Vitamin A disebut juga "vitamin kulit" karena sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit dan membran sel kulit. Vitamin A sangat penting untuk mempertahankan fungsi sistem kekebalan tubuh secara normal. Vitamin A banyak terdapat dalam sayuran dan buah-buahan.

b. Vitamin B Kompleks
Vitamin B kompleks membantu memperlancar sirkulasi darah pada kulit. Selain itu, berfungsi untuk membangun dan memperbaiki sel tubuh serta membuat kulit lebih lentur. Vitamin B kompleks juga berguna untuk melindungi kulit yang tertutup selaput titip seperti bibir, lidah, mata. Vitamin B kompleks banyak terdapat pada kulit ari beras, gandum-ganduman, kuning telur, hati, tomat, dan bayam.

c. Vitamin C
Vitamin C berfungsi untuk membuat dan mempertahankan kolagen. Kolagen dapat memberikan kekuatan dan kelenturan pada semua struktur yang ditunjangnya.Vitamib C penting untuk menjaga kulit agar tetap kencang dan menarik. Vitamin ini berfungsi membantu proses regenerasi sel.

d. Vitamin E
Vitamin E dapat memperbaiki sirkulasi darah dan mencegah terjadinya oksidasi lemak yang berbahaya dengan cara meningkatkan suplai oksigen ke jaringan dan sel tubuh. Vitamin ini juga berperan penting untuk transportasi, penyerapan, dan penyimpanan vitamin A dalam tubuh. Selain itu berperan penting untuk meningkatka kekebalan tubuh sehingga tahan terhadap serangan penyakit. Vitamin yang terdapat dalam kacang-kacangan, brokoli, dan kacang polong ini bermanfaat bagi kesehatan kulit dan sistem reproduksi.

e. Mineral
Dalam diet perlu asupan mineral yang seimbang. Asupan vitamin dan mineral tambahan diperlukan jika makanan yang dikonsumsi kurang mengandung vitamin dan mineral.

0 komentar:

Posting Komentar