27 April 2011

DIET GOLONGAN DARAH O

Menurut  Dr Peter D’Adamo, penulis “Eat Right for Your Type”, adanya reaksi kimia terjadi antara darah dan makanan yang dikonsumsi. Reaksi ini, bagian dari warisan genetis. Reaksi ini disebabkan oleh faktor yang disebut Lektin. Lektin dan beragam protein yang ditemukan dalam makanan memiliki sifat aglutinasi yang mempengaruhi darah Anda. Jadi, ketika Anda makan makanan yang mengandung lektin protein yang tidak cocok dengan tipe antigen darah Anda, maka laktin mulai mengaglutinasi sel-sel darah dan ini akan menyebabkan berbagai masalah kesehatan.
Karakter Gol. Darah O:  Semangat tinggi, tidak mudah putus asa, cenderung berprestasi tinggi, seorang yang aktif dan terorganisir.
Masalah Kesehatan:  Kencing manis, masalah usus / pencernaan, peredaran darah kurang baik, sakit pinggang, kegemukan, kadar kolesterol yang tinggi, tekanan darah tinggi, kadar asam urat tinggi, penyakit kanker, gout, penyakit jantung, penyumbatan arteri.
Olahraga: latihan cardio seperti jogging, bersepeda, berenang, atau jalan cepat, sebaiknya olah raga ini dilakukan pada pagi hari.
Tipe Diet: Mengurangi Karbohidrat dan tinggi protein
Menu diet golongan darah O: Profile diet: rendah karbohidrat dan tinggi protein.
  •  Konsumsi makanan sumber protein terutama dari golongan hewani banyak memberi manfaat bagi orang-orang dengan golongan darah O. Konsumsi ikan perairan dingin dan daging beberapakali seminggu, dapat membantu mengoptimalkan metabolisme dan meningkatkan fungsi tiroid.
  • Selain itu, pemilik golongan darah O sebaiknya mengurangi konsumsi produk susu, polong-polongan dan menghindari produk gandum (terutama gandum utuh). 
    Polong-polongan dan gandum dianggap mengandung lektin (semacam protein) yang bereaksi dengan darah, mengganggu hormon insulin dan  menyerang enzim pencernaan.
  • Kandungan gluten dalam gandum juga dituding sebagai pengganggu proses metabolisme, menyebabkan metabolisme yang lambat serta tidak efisien. Hasilnya, makanan pun tidak cepat diubah menjadi energi dan lebih banyak disimpan dalam bentuk cadangan lemak.
Makanan Diet Golongan Darah O dibagi atas tiga kategori yakni:
Sangat bermanfaat               : makanan yang mempunyai efek sebagai obat untuk diet golongan darah O
Nabati:   Brokoli, Ubi, Singkong, Wortel, Waluh, Selada, Rumput Laut, Ganggang Laut, Seledri, Lobak Cina, Kacang Merah, Bumbu Kari, Kacang Polong, Semua Jenis Bawang, Jahe, Kunyit, Lada., Jambu Biji, Nanas, Ceri, Apel, Aprikot, Pepaya, Mulberry, Blueberry, Teh Hijau
            Hewani:  Daging (sapi, domba, kelinci, rusa, kerbau), Seafood seperti ikan sarden
Netral                                     : makanan yang tidak bereaksi apapun untuk diet golongan darah O
Nabati:   Bubur Gandum, Beras, Mentega, Kacang (hitam, merah, buncis, kedelai), Tempe, Tahu, Terung, Tomat, Labu, Susu Kedelai
Hewani:  Ikan Mas, Belut, Ikan Tuna, Daging (ayam, bebek, kambing, angsa, kalkun), Sarden, Udang, Telur (ayam, bebek).
Hindari                                   : makanan yang beraksi negatif untuk diet  golongan darah O
Nabati:   Tepung Gandum. Tepung Terigu, Jagung, Kentang, Roti, Mie, Pizza, Biskuit, Kacang Tanah dan Mede, Kuaci, Lichi, Mentimun, Kembang Kol, Pare, Kobis, Sawi Putih, Asinan, Santan, Kecap, Kopi, Jeruk, Pir Asia, Pisang Raja, Kiwi, Melon, Strawberry, Anggur Putih, Alpukat, Blewah.
Hewani:  Kerang Kodok, Gurita, Telor (angsa, puyuh), Cumi-Cumi/Sotong, Salmon, Susu Sapi/Kambing, Keju, Es Cream, Yugurt, Babi, Burung Puyuh.

0 komentar:

Posting Komentar