14 September 2011

Tentang Pesta Pernikahan

Sepasang pengantin dalam pesta pernikahannya seolah-olah menjadi jelmaan sosok raja dan ratu sehari. Bagaimana tidak, sebab pada pesta pernikahan mereka lah menjadi sorotan utama perhatian para undangan. Baik itu pesta pernikahan yang dilakukan secara tradisional ataupun internasional, tergantung dari kesepakatan dan pesta yang diinginkan oleh pengantin dan keluarganya. Dalam budaya negara Indonesia, pernikahan bukan hanya menyatukan dua insan yang berbeda melain juga menggabungkan dua keluarga, sehingga seringkali pesta pernikahan dipengaruhi oleh keputusan kedua keluarga. Diluar kebudayaan tersebut, terdapat beberapa hal yang perlu dipahami tentang pesta pernikahann, yakni sebagai berikut:
  • Pesta pernikahan memiliki makna yang berbeda-beda bagi setiap pasangan pengantin. Ada kalanya mereka menganggap pesta pernikahan merupakan hal yang penting dan harus dilakukan, dengan berbagai alasan diantara sebagai pembuktian dan pengumuman kepada khalayak bahwa mereka sudah menikah, atau sebagai ungkapan rasa syukur, atau sebagai perayaan dihari yang sangat membahagiakan dan istimewa sehingga pada masa-masa berikutnya dapat dikenang dan lain sebagainya. Beberapa orang yang lain berpendapat bahwa pesta pernikahan tidak perlu dilakukan atau kurang penting. Beberapa diantara mereka menganggap bahwa hal terpenting adalah kehidupan selanjutnya atau berumah tangga, sehingga pesta pernikahan sering dianggap sedikit berlebihan. Maka toleransi perlu diterapkan, sebab adanya perbedaan pendapat atau sudut pandang tentang pesta pernikahan tersebut.
  • Jenis pesta pernikahan merupakan hal yang dapat dipilih, atau bukan sesuatu yang sangat paten, biasanya dipengaruhi oleh kebudayaan dan kebiasaan daerah setempat, budaya daerah asal orang tua, ataupun keinginan dari pengantin sendiri. Semua jenis pesta pernikahan pasti memiliki kelebihan masing-masing, baik yang tradisional ataupun internasional. Alangkah sebaiknya ketika membuat suatu keputusan akan pesta pernikahan dilakukan diskusi baik antara calon pengantin ataupun dengan keluarga masing-masing. Sehingga dalam penyelenggaraan acara semua dapat berjalan dengan lancar.
  • Pesta pernikahan melambangkan bukanlah hasil kerja individu melainkan hasil dari kerja sama tim, sehingga dibutuhkan dukungan dan semangat kerjasama tim yang berpastisipasi. Seperti kedua calon pengantin sebagai subjek utama, keluarga, teman atau kerabat baik yang menjadi panitia acara atau bukan, hingga para vendor acara pesta pernikahan dan tamu undangan. Dukungan tidak hanya berbentuk dukungan fisik saja melainkan juga dukungan moral, sebab seringkali sebelum pernikahan atau pesta pernikahan pengantin mengalami depresi. Oleh sebab itu tidak hanya loyalitas yang dapat diandalkan melainkan juga dukungan-dukungan moril dan pikiran positif juga sangat membantu.
  • Ukuran besar keci, mewah sederhana berkelas dalam pesta pernikahan sangat tergantung pada jenis pesta, pilihan pengantin akan lokasi pernikahan dan item fisik lainnya termasuk sumber daya yang dimiliki oleh pengantin dan keluarga. Sumber daya yang dimaksud dapat berupa modal atau dana yang dimiliki, sebab semakin mantap rencana suatu pesta pernikahan dengan tema tertentu yang didukung dana yang sangat memadai serta tamu undangan yang berlatar belakang kelas satu dapat menciptakan suasana pesta penikahan yang semakin berkelas atau elegant. Agama atau gaya pernikahan juga merefleksikan seberapa besar suatu pesta pernikahan.

0 komentar:

Posting Komentar