10 Mei 2011

TIPS PERNIKAHAN: CARA SEDERHANA MENGATASI STRES

Pada Artikel sebelumnya, MJ telah berbagi tentang penyebab dan gejala dari stres menjelang pernikahan. Kemudian dilanjutkan dengan cara mengatasi sumber stres yang terkendali. Nah iki saatnya MJ mau berbagi tentang bagaimana cara mengatasi stres yang “tidak terkendali” dan juga reaksi dari stres. Satu hal terpenting “jangan takut dengan sumber stres yang tidak terkendali”, sebab banyak strategi yang dapat dilakukan dengan memberi motivasi intrinsik (dari dalam diri) dan mengatasi reaksi stres diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Tingkatkan motivasi dalam diri. Hal ini dapat dilakukan dengan berbagai cara sederhana, misalnya berpikiran positif akan “pernikahan”, trus tidak ada salahnya untuk optimis tetapi tidak berlebihan dan selalu diiringi dengan usaha yang optimal looh.

  • Meminta dukungan dari pihak eksternal seperti pasangan atau keluarga. Sehingga Ladies…tidak merasa memikul beban tanggung jawab sendirian.

  • Istirahat dan tidur yang cukup. So Ladies klo mau married jangan suka begadang…jangan begadang sebab kata Bang Haji itu “terlalu” ^.^

  • Olah raga setiap hari. Nah klo giliran membaca ini kebanyakan dari kita menjawab “Mana Sempat!” Ladies olah raga itu bukan berarti kita wajib atau harus ke gym atau fitnes, lari-lari kecil sekitar rumah atau sit-up plus peregangan otot abis bangun tidur juga termasuk latihan kebugaran looh.

  • Makan makanan yang sehat dengan gizi seimbang. Well…menurut pengamatan sederhana MJ…Kebanyakan sahabat MJ yang mau married selalu diet….dan hampir 80% diakhiri dengan kata “GATOT” alias gagal total. Hal ini disebabkan stres yang sering bikin kita makan tidak terkontrol, pola diet yang sedikit ngawur, misal pagi tidak makan malamnya balas dendam, diet tidak diimbangi dengan olah raga.  Hingga maunya sih diet (niat dan bertekad bulat) tapi yah… sebatas niat aja, trus pelaksanaannya ditunda-tunda hingga tidak terasa udah dekat dengan hari H, dan masih banyak alasan yang lain. Bahkan salah satu yang berhasil, akhirnya masuk RS sehari sebelum hari H dikarenakan “What!! kekurangan gizi”. Well, kita selalu ingin tampil menawan di hari pernikahan, tapi Ladies…mesti dengan cara yang benar and lebih baik konsultasi dulu pada dokter.

  • Hindari segala jenis makanan dan minuman yang terlalu manis, mengandung kafein, dan nikotin, alkohol, obat-obatan, dan lain-lain. Sebab semua ini dapat menyebabkan gangguan bagi kesehatan kita.

  • Melakukan relaksasi, dan menyediakan waktu untuk bersenang-senang dan melakukan kegiatan menyenangkan lainnya. Misalnya dengan meditasi/yoga, spa, refleksi, perawatan tubuh di salon, rekreasi, jalan-jalan ke mall atau karaoke dengan teman-teman, pokoknya banyak deh.. sesuai dengan kegemaran.

  • Mempertahankan perspektif dengan curhat, sharing atau konsultasi dengan orang-orang yang berkompeten. Menurut beberapa teman MJ sih, akan membuat perasaan sedikit lebih lega.

  •  Menyediakan waktu untuk berhubungan dengan pasangan kita dan menghabiskan waktu bersama-sama positif. Gak ada salahnya loh kita nge-date meski mau married.
 

0 komentar:

Posting Komentar