31 Mei 2011

Tips Perawatan Kulit Secara Alami dan Sederhana

Kulit merupakan organ terluar dari tubuh manusia, sehingga bagian ini yang paling terkena dampak baik dari organ dalam tubuh atau faktor luar tubuh, contohnya seperti usia, cuaca, paparan sinar matahari, polusi bahkan kotoran-kotoran yang dapat menciptakan masalah bagi kulit. Banyaknya masalah kulit diiringi dengan semakin banyaknya cara perawatan kulit dari perawatan alami hingga menggunakan obat-obatan kimia dan peralatan kedokteran yang canggih yang hasilnya dapat diperoleh secara instan. Tetapi perawatan kulit yang dilakukan tidak secara alami sering mengakibatkan keluhan dari pasiennya baik bagi jangka pendek atau jangka panjang seperti resiko kanker kulit. Oleh karena itu untuk memahami tips perawatan kulit dan mematuhi rutinitas perawatan kulit yang lebih baik, langkah pertama adalah untuk mengenal kulit Anda. Informasi perawatan kulit bisa berguna bila Anda mengetahui jenis kulit yang Anda miliki. Sebab hal tersebut sebagai dasar utama dalam memilih perawatan kulit yang tepat bagi Anda. sehingga kecantikan kulit ideal dapat segera diperoleh. Berikut merupakan tips perawatan kulit sederhana yang dapat Anda lakukan:

1. Memperlancar Sistem Pencernaan.
Kulit merupakan cerminan dari kesehatan organ dalam, salah satunya sistem pencernaan. Seseorang yang sering mengalami masalah kulit seperti jerawat, rosacea, dan psoriasis sering menderita sembelit, usus bocor, dan beberapa kondisi pencernaan lainnya.  Penyebab paling umum adalah lambannya proses pencernaan. Sehingga sebaiknya Anda melakukan beberapa hal dibawah ini:
  • Minum air minimal sehari 8 gelas. Sebab air dapat membantu menghilangkan produk-produk limbah, mencegah sembelit.
  • Cukup serat.  Kebanyakan orang kurang serat dalam diet mereka. Misalnya dengan mengkonsumsi gandum halus, beras merah, buah apel dan lain sebagainya.
2. Rajin Membersihkan Muka
Membersihkan muka dapat mengurangi kotoran pada kulit wajah. Gunakan pembersih muka yang sesuai dengan jenis kulit Anda.Hal ini dilakukan terutama untuk menghapus make up, membersihkan pori-pori dari sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori dan membantu stimuli kulit sehingga kulit wajah terasa lebih segar. Oleh sebab itu gunakan rangkaian perawatan wajah harian sederhana seperti:
  • Pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit.
  • Toning
  • Penggunaan moisturizing atau pelembab yang berbahan dasar air (water basic).
  • Menggunakan masker alami, misalnya dari putih telur, apel, mentimun dan lain sebagainya.
3. Menyegarkan Sirkulasi yang Lambat
Apakah Anda duduk di meja Anda selama berjam-jam, hanya bangun untuk pergi ke kamar mandi? Salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk kulit Anda, tingkat stres, dan kesehatan secara keseluruhan adalah untuk mendapatkan bergerak! Ketidakaktifan dapat mempengaruhi kulit dan mempromosikan kembung dan bengkak, jerawat, selulit, dan hilangnya otot. Berikut adalah beberapa saran:
  • Istirahat dan berjalan-jalan satai di sekitar lingkungan Anda.
  • Lakukan refleksi atau pijat atau senam wajah
  • Lakukan latihan kebugaran yang dimulai dengan pemanasan dan peregangan (atau pergi ke gym).
  • Tidur yang cukup.
4. Hindari Kelebihan Gula
Kebanyakan orang tidak menyadari hal tersebut, tetapi gula kelebihan dianggap salah satu penyebab utama penuaan dini. Semakin banyak gula yang kita makan, semakin  banyak gula yang memasuki aliran darah kita. Seiring waktu, hal ini dapat menyebabkan proses yang dikenal sebagai glikasi, yang adalah ketika kerusakan molekul glukosa (gula) molekul protein dengan tetap berpegang pada itu. Molekul yang baru terbentuk akhir disebut glikasi maju-produk, atau AGEs. AGEs kerusakan kolagen pada kulit, tulang rawan, dan ligamen dan mempromosikan kehilangan elastisitas. bentuk Keriput dan kulit mulai melorot.

5. Hindari makanan yang berlemak
Hindari makanan yang mengandung lemak jahat dan makan makanan yang mengandung lemak baik seperti Asam lemak esensial sebab diperlukan untuk membuat membran sel, hormon, dan bahan kimia tubuh lainnya. lemak esensial adalah pemikiran untuk menjaga kesehatan jantung Anda, melawan peradangan, dan mungkin mencegah kanker. Mereka juga sangat penting untuk orang dengan kondisi peradangan seperti eksim dan jerawat, dan juga untuk orang dengan kulit kering. Orang dengan defisiensi lemak esensial kadang-kadang pemberitahuan benjolan di punggung lengan mereka. Berikut adalah beberapa saran untuk mendapatkan lebih banyak lemak esensial:
  • Gunakan minyak kenari utuk memasak.
  • Ikan sarden adalah sumber yang baik lemak esensial. Salmon adalah sumber yang baik, namun salmon menumpuk ini polychlorinated biphenyls beracun (atau dikenal sebagai PCB) lemak dalam tubuh mereka selama 95 persen hidup mereka mereka menghabiskan di laut. 

0 komentar:

Posting Komentar