31 Mei 2011

KETIKA FILE .jpg BERUBAH MENJADI .menc PADA MOBILE PHONE

Beberapa hari yang lalu MJ merasa kerepotan dengan suatu masalah. Sebetulnya ini masalah kecil berhubung MJ tidak mengetahui cara memecahkan masalah tersebut akhirnya super duper panik, pusing bingung tidak tahu harus berbuat apa. Masalah ini berawal dari MJ yang lupa bawa camera di suatu acara akhirnya menggunakan camera HP plus PDA jadul MJ yang tercinta yakni Samsung SGH-i780. HP yang sekaligus PDA ini di rilis pada bulan Februari 2008, belom minat MJ jual cz fiturnya lumayan juga yang menurut beberapa narasumber sebagai berikut:

HP GSM yang dilengkapi dengan layar TFT Touchscreen 65K warna, 320x320 piksel, 2.55 inci dan dimensi 11.59cm x 6.13cm x 1.29cm, serta berat 120gram. Ponsel ini dilengkapi dengan jaringan HSDPA dengan kecepatan maksimal 3.5Mbps, 3G dengan kecepatan yang lebih rendah dari HSPDA, Operating System sehingga aplikasi yang ada dalam handphone dapat ditambah atau dikurangi sesuai dengan selera. Kamera, Video recording, WiFi yang digunakan untuk mendapatkan akses internet via hotspot-hotspot yang biasa terdapat di mall dan café. Bluetooth untuk transfer data dan gambar antar handphone atau ke komputer, memori eksternal yang digunakan untuk penyimpanan data yang umumnya lebih besar daripada internal memori ponsel, aplikasi email yang terintegrasi untuk berkirim pesan melalui surat elektronik, player musik untuk mendengarkan ringtone, lagu dan suara digital, video player untuk memainkan vidio, umumnya dengan format 3gp. Dan satu lagi yang paling mendukung pekerjaan MJ selama ini yakni menggunakan Windows Mobile 6 pro.

Well… kembali ke masalah, setelah MJ jeprat-jepret segala kegiatan event. Kemudian ke esok harinya, file di pindah di laptop ternyata Engingeng format file foto berubah dari yang biasanya .jpg berubah menjadi .menc dan kemudian tidak bisa dibuka. Walhasil hal ini bikin panik MJ yang gaptek, setelah searching di mbah google baru lah MJ dapat jawaban dari http://zidev.net

Jawabanya sebagai berikut:

Bahwa file extensi .menc adalah file hasil encrypt dari Windows Mobile. Bagaimana Windows Mobile melakukan encrypt semacam ini? Ternyata encrypt ini muncul ketika kita mengaktifkannya pada Setting> System >Encryption. Hal ini biasanya terjadi setelah kita reset windows mobile (yups..bener bgt..)
Jika kita mengaktifkan "Encrypt files placed on storage cards." Maka file yang kita simpan di media penyimpanan (disini Samsung SGH-i780 menggunakan micro SD) akan otomatis terenkripsi dan tidak akan bisa di buka dimanapun (Komputer/Laptop, Handphone lain).
Kemudian MJ mengikuti saran dengan menonaktifkan Encryption pada Setting. Kemudian menyalin kembali dari memory handphone ke external memory (Micro SD). Lalu saya mencoba membuka file foto yang saya baru salin tadi. Dan akhirnya bisa dibuka kembali secara utuh di komputer saya. Dan akhirnya MJ bisa tersenyum paling lebar…and say..”Thanks God!” :)

0 komentar:

Posting Komentar